Dahlan Tidur di Rumah Petani Beralaskan Tikar

Dalam rangka kunjungan kerja, Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan antusias menginap dengan beralaskan tikar di rumah milik seorang petani di Dusun Seworan, Desa Triharjo, Wates, Kulonprogo, Yogyakarta, Rabu 28 Maret.

Dahlan tidak takut dengan anggapan tindakannya ini dianggap jual citra. "Kalau saya takut, saya tidak akan berbuat apa-apa. Kalau memang dibilang pencitraan, ayo ke sawah bareng-bareng sama saya, sama-sama mencitrakan diri," kata Dahlan di Yogyakarta, Kamis 29 Maret 2012.


Dahlan mengaku, menginap semalam di rumah warga untuk mengetahui kehidupan sehari-hari para petani.Hal itu dirinya lebih bisa merasakan secara nyata kehidupan warga desa.

"Saya tidur di sana karena desa itu dimulai Program ProBeras yaitu bagaimana meningkatkan produktifitas padi," ujar mantan pengusaha media massa dan direktur utama PLN itu.

ProBeras adalah program kerja sama BUMN dengan petani yang tidak mampu menggarap sawahnya secara maksimal. Petani menyerahkan lahannya ke BUMN, lalu BUMN akan mengurus lahan mulai dari bibit, pupuk, hingga obat-obatan. Sedangkan pemilik lahan atau petani akan dipekerjakan dengan imblan gaji.

Menurut Dahlan, Hadi Sumartoc(60thn) petani tempat ia menginap, hanya memiliki sawah seluas seperlima hektar dan mengikuti Program ProBeras."Mengenai hasilnya, saya tidak mau mendiskusikannya sekarang, karena kenyataanlah yang akan berbicara. Jadi tidak usah dibicarakan sekarang," katanya.


Top