Pengertian Game Designer



Pengertian Game Designer - Beberapa penelitian menyebutkan bahwa game telah dikenal sejak ribuan tahun sebelum masehi. 3500 tahun sebelum masehi bangsa Mesir Kuno sudah memainkan sebuah board game yang kemudian dikenal sebagai Senet. Backgammon diperkirakan telah dimainkan sejak 3000 tahun sebelum masehi oleh para penduduk Burn City di Iran.

Pada tahun 1926 Sir Leonard Woolley menemukan The Royal Game of Ur sebuah board game lengkap yang diperkirakan berasal dari 2500 tahun sebelum Masehi. Masing-masing game tersebut diawali dari hasil pemikiran seseorang yang kemudian terus dilengkapi dan disempurnakan.
Mereka yang berkontribusi pada proses penciptaan game tersebut adalah game designer.


Game Designer merupakan seorang visioner dalam sebuah proyek pengembangan permainan video. Didunia perfilman, kita mengenal peran sutradara yang tidak hanya menjadi pengarah tapi juga pemilik visi dari akan seperti apa hasil jadi film yang sedang dibuat. Tanggung jawab tersebut dalam dunia permainan video melekat pada Game Designer, merekalah yang memikirkan mekanisme apa yang digunakan dalam jalannya permainan video. Selain itu, Game Designer juga yang bertanggung jawab memikirkan arah gaya visual ataupun audio dari hasil jadi permainan video yang sedang dikembangkan.

Tapi sebelum menjadi Game Designer yang ahli dan memimpin proyek besar, biasanya kita memulai dari proyek kecil atau peran lain didalam pengembangan permainan video. Kita bisa memulai dengan menjadi Asisten Game Designer yang kebanyakan bekerja untuk mentransformasikan visi Lead Game Designer menjadi dokumen disain yang bisa berisi mekanisme jalannya permainan, latar belakang cerita & karakter, deskripsi level & peta dan bahkan hingga letak berdirinya karakter. Untuk itu terkadang ada pengkhususan dalam peran Game Designer seperti Level Game Designer, Writer (termasuk golongan Game Designer), User Interface Game Designer dan banyak lagi tergantung seberapa kompleks permainan video yang dikembangkan.


Top